Thursday, September 1, 2016

Jarak Dan Perpindahan, Serupa Tapi Berbeda

http://yoyonpujiono.blogspot.com/2016/09/jarak-dan-perpindahan-serupa-tapi.html


Jarak dan perpindahan merupakan dua buah besaran Fisika yang seolah merupakan dua hal yang sama sebelum keduanya diberikan definisi dan makna yang membedakan keduanya dengan jelas.

Keduanya menunjukkan posisi suatu benda ditinjau dari sebuah titik acuan. Namun keduanya memiliki pengertian yang berbeda. Berikut penjelasannya:

Jarak (distance) adalah besaran skalar. Jarak merupakan panjang keseluruhan lintasan yang bergerak dari satu titik ke titik lain.

Perpindahan (displacement) adalah besaran vektor. Perpindahan adalah perubahan kedudukan sebuah objek dari titik pertama ke titik selanjutnya.

Untuk menguji pemahaman kita mari kita simak contoh kasus berikut. Seorang anak bergerak 4 meter ke arah timur, lalu 2 meter ke arah selatan, 4 meter ke arah barat, lalu ke arah utara 2 meter.

http://yoyonpujiono.blogspot.com/2016/09/jarak-dan-perpindahan-serupa-tapi.html

Pada kasus ini, anak tersebut sudah menempuh jarak sejauh 12 meter, namun untuk perpindahannya sejauh 0 (nol) meter. Ketika anak tersebut bergerak dia telah menyusuri jalan sejauh 12 meter (Jarak = 12 meter), namun karena setelah dia bergerak dia kembali ke titik awal maka dia dinyatakan tidak berpindah sama sekali (Perpindahan = 0).

Karena perpindahan merupakan besaran vektor maka kita harus juga memperhitungkan arah pergerakannya. Jika kita anggap secara simbol matematis arah timur = positif (+), arah barat = negatif (-), arah selatan = positif (+), dan utara = (-) maka ketika nilai gerak 4 meter ke timur akan habis dikurang 4 meter ke barat, begitu juga dengan nilai 2 meter ke selatan akan ‘dibatalkan’ oleh gerakan 2 meter ke utara. Maka di akhir perjalanannya, resultan perpindahan anak tersebut bernilai 0 (nol) meter. Sedangkan untuk menentukan jarak kita tidak perlu memperhitungkan nilai arahnya, karena dia termasuk besaran skalar.

Selanjutnya perhatikan contoh berikut. Perhatikan diagram di bawah ini, seorang pemain ski bergerak dari posisi A ke B lalu ke C dan berakhir di D.

http://yoyonpujiono.blogspot.com/2016/09/jarak-dan-perpindahan-serupa-tapi.html

Berikan jawaban kamu di komentar.



Facebook Comments
0 Blogger Comments
Facebook Comments by Blogger Widgets

0 komentar: