Thursday, May 26, 2016

Skalar dan Vektor



Sebelumnya : Pengertian Kinematia.

Fisika adalah ilmu pengetahuan alam matematis. Konsep dan prinsip yang melandasi Fisika memiliki dasar matematika. Sepanjang kita mempelajari Fisika, kita akan menghadapi berbagai konsep yang memiliki dasar matematika. Namun kita disini tidak akan membahas rincian matematikanya, kita hanya akan membahas Fisika dari sudut konseptualnya.

Gerakan suatu benda dapat digambarkan dengan kata-kata. Bahkan untuk orang yang tidak pernah Belajar matematika sekalipun bias menggambarkan bagaimana benda bergerak tersebut. Kata-kata serta frase seperti jalan, berhenti, memperlambat, mempercepat, berbelok cukup untuk menjelaskan bagaimana benda bergerak. 

Dalam Belajar Fisika kita akan menggunakan kata-kata tersebut dan bahkan lebih banyak lagi. Kita akan menambahkannya dengan jarak, perpindahan, kecepatan, kelajuan, dan percepatan. Selanjutnya kita akan memahami jika kata-kata tersebut terkait dengan nilai matematis yang akan menjelaskan konsep Fisika lebih dalam lagi. Nilai matematis yang digunakan untuk menggambarkan gerakan benda tersebut dapat dibagi menjadi dua bagian. Nilai secara skalar dan secara vektor. Keduanya dapat dibedakan sebagai berikut:

Skalar adalah nilai yang sepenuhnya hanya dijelaskan oleh besarnya (atau nilai numerik/angka) saja.

Vektor adalah nilai yang sepenuhnya dijelaskan oleh besar dan arah. 

Selanjutnya kita akan membahas contoh-contoh nilai dari vektor dan skalar (jarak, perpindahan, kecepatan dan kelajuan) pada artikel selanjutnya.

Selanjutnya : Jarak dan Perpindahan.
Facebook Comments
0 Blogger Comments
Facebook Comments by Blogger Widgets

0 komentar: